skip to Main Content
(0362) 22950 info@stie-satyadharma.ac.id

PENGEMBANGAN TOPI JANUR BERBASIS TOURISM EXPERIENCE DESIGN DI DUSUN PEMENANG DESA NYALIAN

 

Tim dosen prodi manajemen dan akuntansi STIE Satya Dharma mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Dusun Pemenang, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali, dalam Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS). Program ini merupakan dukungan hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi (DRPM Ristekdikti) tahun anggaran 2019. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 21 Agustus 2019. Kegiatan ini dilaksanakan oleh I Gst. Kt. Adi Winata, SE., M.Agr sebagai ketua tim serta Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi, SE., MM dan Ni Wayan Novi Budiasni selaku anggota tim.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini tim dosen memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok pengrajin topi janur atau yang biasa disebut capil oleh masyarakat Bali. Tujuan dari program kemitraan masyarakat stimulus ini yaitu: 1) Memberikan pengetahuan kepada pengrajin topi janur terkait dengan pemasaran dan pengelolaan keuangan. 2) Mempersiapkan sumber daya manusia yang ada di desa Nyalian menuju desa wisata. 3) Mempersiapkan produk yang ditawarkan kepada wisatawan yang menitik beratkan pada tourism experience design dimana wisatawan ikut serta di dalam kegiatan pariwisata yaitu menganyam topi janur.

Kegiatan ini turut mengajak empat dosen baik dari prodi manajemen maupun akuntansi sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan yang diadakan. Keempat dosen itu diantaranya yaitu; Ni Made Rianita, S.Pd., M.Pd sebagai pemateri bahasa inggris, Gusti Putu Eka Kusuma, SE., MM sebagai pemateri internet marketing, Putu Agus Adnyana, SE., MM sebagai pemateri entrepreneurship dan inovasi produk, dan Gede Widiadnyana Pasek, S.Pd., M.Si sebagai pemateri pengelolaan keuangan. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan manajemen dan desain produk kelompok masyarakat pengrajin topi janur di dusun Pemenang, Desa Nyalian, Klungkung. 

cek situs tata4d disini.
Back To Top